Kamis, 23 Juni 2016

Rangkuman Ketahanan Nasional

Nama : Revan Wicaksono
NPM : 19414119
Kelas : 2IB02



A. Latar Belakang
            Setiap bangsa pasti mempunyai cita-cita yang ingin di capai dalam hidup dan kehidupan nyata sebagai penentu arah tujuan nasional negara tsb. Namun demikian, pencapaian cita-cita dan tujuan nasional itu bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai karena dalam perjalanannya akan banyak rintangan.
            Kemampuan, kekuatan, ketangguhan dan keuletan sebuah bangsa akan melemahkan setiap rintangan dan gangguan itulah yang disebut dengan Ketahanan Nasional. Oleh karena itu ketahanan nasional mutlak harus dibuat dan dikembangkan secara terus menerus. Karena semakin tinggi tingkat ketahanan nasional suatu bangsa maka makin kuat pula kedudukan bangsa itu dalam pergaulan dunia.
            Indonesia adalah negara yang bersandar pada kekuatan hukum sehingga kekuasaan dan penyelenggaraan hidup dan kehidupan negara diatur oleh hukum yang berlaku. Dengan kata lain hukum digunakan sebagai penjaga ketertiban bagi seluruh rakyatnya. Kondisi kehidupan nasional menjadi salah satu kekuatan ketahanan nasional karena adanya jaminan kekuasaan hukum bagi semua pihak yang ada di Indonesia dan juga sebagai cermin bagaimana masyarakat indonesia yang mampu bertumbuh kembang dalam suatu wilayah hukum

B. Pokok-Pokok Pikiran
            Upaya mencapai ketahanan nasional yang disepakati bersama didasarkan pada pokok-pokok pikiran sbg berikut:
1.      Manusia Berbudaya
manusia adalah makhluk tuhan yang pertama-tama berusaha menjaga,mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dari yang paling pokok sampai bersifat materi maupun kejiwaan.
Manusia berbudaya senantiasa selalu mengadakan hubungan-hubungan sbg berikut:
a.       Manusia dengan tuhan dinamakan agama
b.      Manusia dengan cita-cita dinamakan ideologi
c.       Manusia dengan kekuasaan dinamakan politik
d.      Manusia dengan pemenuhan kebutuhan dinamakan ekonomi
Dsb.

2.      Tujuan Nasional,Falsafah Bangsa dan Ideologi Negara
Tujuan nasional menjadi pokok pikiran dalam ketahanan nasional karena suatu organisasi apapun bentuknya dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah internal dan eksternal,demikian pula dengan negara dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu,dibutuhkan suatu situasi dan kondisi yang siap untuk menghadapinya.

C. Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia
            Pengertian baku ketahanan Nasional bangsa Indonesia adalah kondisi dinamik bangsa indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala rintangan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam.
            Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsep pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek dan berlandaskan pancasila,UUD 1945 dan Wawasan nusantara.           
            Pada hakikatnya Ketahanan Nasional Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mampu mengembangkan kekuatan nasional untuk menjamin kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mencapai tujuan nasional.

D.Asas-Asas Ketahanan Nasional Indonesia
            Asas Ketahanan Nasional Indonesia terdiri dari:
1.      Asas Kesejahteraan dan Keamanan
Kesejahteraan dan keamanan dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dan merupakan kebutuhan manusia,baik sebagai perorangan maupun kelompok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.      Asas Komprehensif integralatau menyeluruh terpadu
Sistem kehidupan nasional mencakup segala aspek kehidupan bangsa secara menyeluruh dan terpadu dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi dan selaras dari seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.      Asas mawas kedalam dan mawas keluar
a.       Mawas kedalam
Bertujuan menumbuhkan hakikat,sifat dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proporsional untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa
b.      Mawas keluar
Bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan ikut berperan serta menghadapi dan menegatasi dampak lingkungan strategis luar negeri, serta menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia nasional.
4.      Asas Kekeluargaan
Asas kekeluargaan mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong-royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

E. Sifat Ketahanan Nasional Indonesia
            1. Mandiri
Ketahanan Nasional bersifat percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berprinsip tidak mudah menyerah serta bertumpu pada identitas, integritas dan kepribadian bangsa
2. Dinamis
            Ketahanan Nasional tidaklah tetap melainkan dapat meningkat atau menurun tergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara serta kondisi lingkungan strategisnya.
3. Wibawa
            Keberhasilan pembinaan ketahanan nasional indonesia secara berlanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsda yang dapat menjadi faktor yang diperhatikan pihak lain.


Sumber: Gatot Subiyakto Staffsite Gunadarma Bab III Ketahanan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar