Selasa, 26 September 2017

Organisasi Komputer Dasar



Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan gambaran spesifikasi arsitektur komputer tersebut. Organisasi komputer meliputi bagaimana cara komponen perangkat keras (hardware) beroperasi dan bagaimana cara komponen-komponen tersebut saling terhubung satu sama lain yang membentuk satu sistem komputasi.

-Struktur Komputer
Gambar diatas merupakan gambaran umum dari komputer sederhana dalam satu kesatuan. Central Processing Unit (CPU) untuk memanipulasi data, register-register untuk penyimpanan data dan pusat instruksi, dan sirkuit pengontrol untuk pengambilan dan pengeksekusian instruksi-instruksi. Pada bagian memory komputer berisi penyimpanan untuk segala instruksi dan data. Input-Output Processor terdiri dari sirkuit-sirkuit elektronik yang digunakan untuk komunikasi dan pengontrolan perpindahan informasi antara komputer dan user contohnya monitor.

-Proses Eksekusi Program
Proses Eksekusi Program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah yaitu: operasi pembacaan/pengambilan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute). Siklus Fetch-Execute pada CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori. Terdapat register register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC). PC akan menambahkan satu hitungannya setiap kali CPU mengexecute atau membaca instruksi-instruksi. Instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi.
Jadi pada dasarnya organisasi komputer hanya mempelajari dalam ruang lingkup yang terkait dengan unit-unit komputer dan hubungan antar komponen sistem komputer satu sama lain. Contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori dan sinyal-sinyal kontrol.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar