Minggu, 27 Mei 2018

WAP dan WWW



WAP Dan WWW

WAP
WAP adalah suatu protokol aplikasi yang didesain sehingga memungkinkan informasi di internet dapat diakses oleh perangkat wireless seperti ponsel, PDA, pager dan perangkat wireless lainnya.
WAP merupakan himpunan protokol yang dirancang khusus untuk komunikasi internet dengan perangkat wireless yang memiliki display terbatas dan bandwidth yang rendah. WAP juga dimaksudkan untuk menambah fungisionalitas ponsel untuk layanan layanan real time, seperti informasi indeks saham, lalu lintas dan cuaca.
Layer WAP:
Sebagaimana internet yang memiliki 7 layer OSI (Open System Interconnection), sebagai sebuah standar, WAP juga memiliki layer-layer yang mengatur bagaimana komunikasi berlangsung, yang terdiri dari 5 layer (dijelaskan secara singkat) disamping bearer yang digunakan, yaitu:
·         WAE (Wireless Application Environment):
WAE mengadopsi pemodelan WWW, format content-nya serupa dengan standar internet, WAE User agent (perangkat wireless / emulator), format elemen-elemen seperti WML, WMLS, dan WBMP sebagai pembentuk content.
·         WSP (Wireless Session Protocol):
Layer untuk menangani inisialisasi protokol, konfigurasi dan error condition (seperti gagalnya hubungan karena mobile station berada diluar layanan coverage area). Selain itu juga mengatur pertukaran content aplikasi antar client dan server.
·         WTP (Wireless Transaction Protocol):
Layer untuk mengatur pertukaran data (response / request) dari suatu aplikasi, misalnya saat browsing, mekanisme response / request ini disebut transaction. Selain itu menjamin transaksi tersebut tidak mengalami loss connection serta menghindari duplikasi pesan.
·         WTLS (Wireless Transport Layer Security):
Layer sebagai interface untuk pengaturan (creating and terminating) koneksi yang aman, privacy, data integrity, autentifikasi, handshaking, denial of service protection, SSL (Secure Socket Layer) dan compression.
·         WDP (Wireless Datagram Protocol):
Membuat dukungan terhadap berbagai type network, pengalamatan aplikasi  dengan port number, optional error detection.

Gambar Perbandingan arsitektur WAP dan Web

Bearers sendiri merupakan teknologi pendukung untuk mentransmisikan data dengan signal-signal radio seperti routing data kepada penerima (receiver) yang cocok. Teknologi tersebut contohnya adalah CSD, CDPD, GSM, SMS, GPRS, FDMA, TDMA, CDMA, 3G dan lain lain.
Berikut ini contoh beberapa daftar aplikasi dan jenis bearers yang optimal digunakan:
Aplikasi
Bearer yang disarankan
Suara pada IP, Animasi
3G
Transfer file, Download software
3G
Browsing di web, Akses LAN/ remote
GPRS
Gambar diam, Home automation
GPRS
Pesan sederhana, ringtone
SMS
Mobile banking, Corporate email
GPRS/ SMS
Remote point of sale
CSD (Circuit Swithing Data)
WWW (World Wide Web)
World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke Internet. Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam Internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web.
Kini Internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di Internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).
Kini, web seakan lebih populer daripada email, walaupun secara statistik email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna Internet. Web lebih populer bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi e-mail yang menggunakan web sebagai interfacenya.
Beberapa alasan web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, yaitu:
·         akses informasi mudah
·         setup server lebih mduah
·         informasi mudah didistribusikan
·        bebas platform; informasi dapat disampaikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adnya standar dokumen berbagai tipe data disajikan

World Wide Web Consortium-W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan Web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web, yaitu:
·         Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML
·         Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0
Skema Kerja WWW
Bagaimana WWW bekerja?
·         Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web
·         Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web
·         Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web client
·         Web client menampilkan page dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan browser web (web browser)
·         Browser web yang populer adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator.
Browser Web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Browser tersebut ada yang menampilkan secara text yaitu Lynx, ada pada lingkungan DOS dan *nix (keluarga sistem operasi Unix). Dan browser yang menggunakan mode grafik yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator.
Bagaimana Browser mengambil page ?
Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah HTTP standar yang berisi sebuah page adddress, contoh http://www.mangosoft.com/page.htm.
Bagaimana Browser Menampilkan page ?
Seluruh web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan
page dengan membaca instruksi-instruksi ini, instruksi yang paling umum untuk menampilkan
disebut dengan tag HTML.
Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, serta melayani permintaan dokumen web dari kliennya. Browser web berkomunikasi melalui jaringan dengan server web menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakn oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia dengan menggunakan protokol HTTP.


Sumber :
https://muhulfah.files.wordpress.com/2011/06/perkenalan_wap_6.pdf
https://firdausalibaban.files.wordpress.com/2013/05/wap-architecture

Tidak ada komentar:

Posting Komentar