Minggu, 17 Desember 2017

Processor Paralel

Processor Paralel

          Prosesor parallel adalah komputer yang memiliki CPU lebih dari satu. Prosesor ini terbagi menjadi tiga kelompok utama yaitu, mesin SIMD, mesin MIMD dan Arsitektur pengganti. Tujuan utama dari adanya prosesor parallel adalah untuk meningkatkan performa komputasi artinya melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan.

Jaringan Interkoneksi
Jaringan interkoneksi adalah jaringan untuk menghubungkan prosesor dan memori secara bersamaan. Dalam system multi prosesor, system multi memori multi prosesor dan array prosesor ini adalah salah satu persoalan desain yang mendasar. Jaringan interkoneksi terdiri dalam berbagai jenis dan topologi tergantung pada dimana ia akan digunakan dan tingkat kecocokannya. Adapun tujuan dari adanya topologi dan jenis jaringan interkoneksi yaitu:
·         Untuk menyampaikan signal control ke prosesor
·         Untuk menghubungkan CPU dan prosesor I/O ke berbagai bank memori
·         Untuk menyampaikan pesan diantara prosesor
·         Untuk mengorganisasi data guna melakukan transfer
·         Untuk interkoneksi relative jangka Panjang

Mesin SIMD
SIMD atau Single Instruction – Multiple Data adalah komputer yang memiliki lebih dari satu prosesor, tetapi hanya mengeksekusi satu instruksi secara parallel pada data yang berbeda pada level lock-step atau dapat diartikan terdapat lebih dari satu elemen pemrosesan yang dikendalikan, dengan sebuah unit pengendali yang sama. Salah satu komputer parallel yang menggunakan arsitektur SIMD adalah komputer vektor. Berikut skema dari SIMD:

Mesin MIMD
MIMD atau Multiple Instructions – Multiple Data adalah multiprosesor dengan setiap prosesor masing-masing memiliki unit control sendiri dan menjalankan programnya sendiri namun prosesor tersebut membagi system memori yang sama. Tipe komputer ini yang paling banyak digunakan untuk membangun komputer parallel, bahkan banyak supercomputer yang menerapkan arsitektur ini. Berikut skema MIMD:

Arsitektur Pengganti
Arsitektur pengganti hadir untuk menjawab permasalahan dengan banyaknya aplikasi yang membutuhkan atau meminta komputasional yang berat pada komputer. Sebagian besar prosesor khusus tersebut merupakan arsitektur flow-control (control arus) dengan demikian itu menggunakan counter program. Kelompok lain dari arsitektur pengganti yang baru-baru ini telah diperkenalkan adalah jaringan neural yang didasarkan pada sistem biologis dan terdiri atas sejumlah elemen komputasional yang sangat sederhana yang beroperasi secara paralel.

elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/arkomp/bab_7.pdf
lib.ui.ac.id/file?file=digital/134234-T%2027918-Studi%20kinerja-Literatur.pdf
http://rezaaditya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/43604/Parallel+Processing+%289%29.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar