Multimedia
Apa itu
Multimedia?
Multimedia berasal dari kata Multi dan Media.
Menurut bahasa latin : Multi memiliki arti
banyak;bermacam-macam dan Medium atau sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
atau membawa sesuatu sedangkan menurut American Heritage Electronic Dictionary
pada tahun 1991, medium memiliki arti alat untuk mendistribusikan dan
mempresentasikan informasi.
Multimedia adalah sebuah bidang yang berkaitan dengan
integrasi teks, grafis, gambar, animasi, audio, video dan media lainnya yang
dikendalikan oleh komputer dimana setiap informasi dapat di representasikan,
disimpan, dikirim dan diproses secara digital. Multimedia adalah wadah yang
dapat digunakan dengan bermacam-macam bentuk konten informasi dan proses
penginformasiannya. Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam yaitu:
a.
Multimedia Linier
Multimedia
linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol
apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan
sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film.
b.
Multimedia interaktif
Adalah
suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa
komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna,
sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya.
Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan
mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan
interaktivitas (rancangan).
Elemen dasar
Multimedia
-
Teks
Karakter-karakter yang digunakan untuk membuat sebuah kata, kalimat dan
paragraf contohnya seperti pada artikel ini yang menggunakan karakter-karakter
sebagai media untuk menyampaikan informasi
-
Grafis
Grafis adalah sebuah representasi dari informasi non-teks seperti gambar,
chart, atau sebuah foto
-
Animasi
Animasi masih dalam lingkup gambar namun gambar yang dapat menciptakan
ilusi gerakan contohnya seperti gambar gerak atau disebut gif
-
Video
Serangkaian gambar-gambar foto yang dimainkan pada kecepatan 15 sampai 30
frame per detik dan menampilkannya kedalam gerakan penuh
-
Audio
Seperti suara yang kita sering ucapkan, musik, dan suara-suara lainnya
Penggunaan
Multimedia
Dalam bidang edukasi, multimedia dapat digunakan
sebagai sumber informasi. Para siswa dapat mencari ensiklopedia seperti
encarta, memberikan bermacam fakta-fakta berbagai topik yang berbeda dan
dikemas dalam bentuk multimedia. Para guru juga dapat menggunakan multimedia
agar membuat pelajaran yang diajari semakin menarik dengan menggunakan animasi.
Orang-orang juga dapat menggunakan media internet
untuk beberapa alasan seperti berbelanja dan mencari tahu tentang hobi
masing-masing. Internet memiliki banyak elemen multimedia dikemas dalam bentuk
halaman web dan web browser yang mensupport banyak bentuk atau format
multimedia didalamnya. Beberapa permainan komputer juga menggunakan media
seperti sound track, grafis 3 dimensi dan juga klip video.
Keuntungan penggunaan Multimedia
-
Sangat ramah pengguna karena tidak membutuhkan energi
berlebih dalam artian kita sebagai pengguna dapat hanya duduk santai dan
menonton tampilan multimedia mulai dari teks, suara dan video dalam satu waktu.
-
Banyak menggunakan indera. multimedia menggunakan indera dari
pengguna seperti mendengar, melihat dan berbicara.
-
Multimedia terintegrasi dan interaktif. Semua jenis media
yang berbeda diintegrasikan melalui proses digitalisasi. Interaktivitas
meningkat dengan kemungkinan feedback yang mudah.
-
Fleksibel. Dengan kemasan digital, media dapat dengan mudah menyesuaikan
dalam situasi dan pengguna yang berbeda.
Kekurangan penggunaan Multimedia
-
Informasi yang berlebihan. Dikarenakan multimedia mudah untuk
digunakan, dapat mengakibatkan terlalu banyaknya informasi dalam satu waktu.
-
Membutuhkan waktu untuk mengkompilasi, meskipun fleksibel, multimedia
perlu waktu untuk menggabungkan draf asli.
Konsep Dasar
Warna dalam Multimedia
a. RGB
(Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai
penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan
elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan
untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah
hitam.
b. CMYK (
Cyan Magenta Yellow Key)
CMYK
(adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya
(black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses
pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan
yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan
untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari
setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan
pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan
urutan dari singkatan tersebut.
Sumber:
http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia1.pdf
http://www.ftms.edu.my/images/Document/MMGD0101%20%20Introduction%20to%20Multimedia/MMGD0101%20chapter%201.pdf
Sumber:
http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia1.pdf
http://www.ftms.edu.my/images/Document/MMGD0101%20%20Introduction%20to%20Multimedia/MMGD0101%20chapter%201.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar