Kamis, 22 Maret 2018

Perangkat Pembuatan Multimedia


Perangkat Pembuatan Multimedia

Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer multimedia adalah alat pengolahan data (teks, gambar, audio, video, animasi) yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Hardware multimedia terdiri dari 5 unsur yaitu: 4 unsur utama + 1 unsur tambahan

Input Unit
Input unit adalah Piranti tempat memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer multimedia, berfungsi untuk :
1.      Tempat memasukkan data dan program yang akan diproses
2.   Menterjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input kedalam kode yang dikenal komputer multimedia → menjadi bit
3.      Mengirim data yang sudah berbentuk bit ke dalam storage
Beberapa Alat input unit diantaranya:
  • Keyboard
  • Alat penunjuk (pointing device) seperti Mouse, joystick, trackball, trackpad, touch screen, light pen, dan remote control
  • Alat pembaca optis seperti scanner, optical mark reader, optical character reader, hand-held scanner, flatbed scanner, path-through scanner dan film scanner
  • Alat pembaca magnetis seperti Magnetic Ink Character Recognition (MICR), ATM (Automated Teller Machine) dan Electronic Fund Transfer (EFT)
  • Kamera digital
  • Camcorder merupakan alat perekam elektronik yang portable dan mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk dimainkan pada Video Cassette Recorder (VCR), TV dan Komputer Multimedia

Output Unit
Unit keluaran adalah piranti tempat mengeluarkan hasil proses komputer multimedia yang berfungsi sebagai tempat keluarnya hasil proses dan menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal sebagai media output.
  • Alat Output Tampilan. Yang paling banyak digunakan adalah monitor
  • Alat Output Cetakan. Alat output yang dapat menghasilkan salinan kertas contohnya printer
  • Alat Output Grafik Presentasi. Contohnya adalah LCD Projector yang menggunakan lensa didalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar.
  • Alat Output Suara. Ada dua tipe untuk alat ini yaitu, unit voice response yg digunakan untuk reproduksi suara manusia dan unit speech synthesis untuk melakukan konversi dari data mentah ke elektronik menghasilkan suara yang dikenal dalam lingkungan mikrokomputer.
Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam sistem pemrosesan data, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu :
  • Bahasa pemrograman multimedia
Bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia contohnya seperti Assembly, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java
  • Perangkat lunak sistem multimedia
Terdiri dari sistem operasi (OS) seperti DOS, Windows, UNIX, Linux atau Mac OS. Sedangkan perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas seperti aplikasi Antivirus.
  • Perangkat lunak aplikasi multimedia
Merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, Modeling dan Animasi. Contoh 2D misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop. Untuk 3D, 3D Studio Max, LightWave dll.

Sumber:
http://missa.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/6779/Multimedia+03.pdf
http://teguh-cahyono.blog.unsoed.ac.id/files/2010/10/Perangkat-lunak-multimedia.pdf
http://imam_muiz.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7624/02+Perangkat+Keras+Multimedia.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar